Modul Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi tidak bertujuan untuk survival individu, tetapi diperlukan untuk survival species dan berdampak pada kehidupan seseorang. Hanya melalui sistem reproduksi, blueprint genetik kompleks setiap spesies dapat bertahan di dunia ini. Meskipun sistem reproduksi tidak berkontribusi pada homeostasis  dan  tidak  penting  untuk  bertahan  hidup seseorang  seperti halnya sistem kardiovaskuler, tetapi ia berperan penting dalam kehidupan seseorang.  Sebagai  contoh:  pasangan  suami  istri  yang  baru menikah, umumnya  sering ditanya  apakah  sudah  mendapatkan  anak.  Dengan demikian berarti sistem reproduksi berpengaruh terhadap perilaku psikososial seseorang  secara signifikan.  Fungsi  reproduksi juga  berdampak  pada masyarakat. Organisasi kemasyarakatan membentuk unit yang membentuk lingkungan yang stabil dan kondusif untuk kehidupan spesies. Permasalahan yang dapat  terjadi  antara  lain  ledakan  populasi  yang perlu  mendapatkan perhatian sehubunga dengan keterbatasan dunia ini dalam menampung dan memfasililtasi makhluk hidup. Oleh karena itu, diperlukan pembatasan atau kontrol sistem reproduksi. 

Kemampuan  reproduksi  tergantung  pada  hubungan  antara  hypothalamus, hipofisis bagian anterior, organ reproduksi, dan sel target hormon. Proses biologis dasar termasuk prilaku seksual sangat dipengaruhi oleh faktor emosi dan sossiokultural masyarakat. Di sini, yang akan difokuskan adalah fungsi dasar seksual sistem reproduksi di bawah kontrol syaraf dan hormon.  Sistem reproduksi meliputi kelenjar (gonad) dan saluran reproduksi. Organ reproduksi  primer  atau  gonad  terdiri  dari  sepasang  testes  pada  pria dan sepasang ovarium pada wanita. Gonad yang matur berfungsi menghasilkan gamet (gametogenesis)  dan  menghasilkan  hormon  seks,  khususnya testosteron  pada  pria  dan estrogen  &  progesteron  pada  wanita.  Setelah gamet  diproduksi  oleh  gonad,  ia  akan melalui  saluran  reproduksi  (sistem duktus). Pada wanita juga terdapat payudara yang termasuk organ pelengkap reproduksi. Bagian eksternal sistem reproduksi sering juga disebut genitalia eksternal.  

Download Ebook Gratis Kategori Ilmu pengetahuan, pendidikan

Silahkan mendownload ebook gratis tanpa biaya sepeser pun. Jadilah Kontributor kami untuk mempublikasikan ebook-ebook anda secara gratis dengan menguploadnya lewat registrasi ke fly-ebook.

Judul Ebook : Modul Sistem Reproduksi
Penulis Ebook : Dra. Wiwiek Afindah
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : 28
Format Ebook : PDF
Harga : Rp. 0,-

Untuk Mendownload Ebook gratis tersebut, silahkan klik link dibawah.

0 comments:

Post a Comment